Kamis, 10 Januari 2013

Tulisan Individu, Keluarga dan Masyarakat


Individu, Keluarga dan Masyarakat



·      Individu
Dapat dikatakan bahwa individu adalah seorang manusia yang hanya memiliki peranan dalam lingkungan sosialnya, yang juga mempunyai kepribadian kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Individu dapat terbentuk sejak dini, mulai kita lahir kedunia ini yang memiliki latar belakang orang tua berbeda dipersatukan dalam keluarga maka individu atau sifat pribadi dapat terbentuk dengan sendirinya.
·      Keluarga
Setiap makhluk hidup pastilah memiliki sebuah keluarga. Keluarga adalah masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga juga memiliki arti sebagai harta yang paling berharga, jadi sayangilah keluaraga yang kita miliki sekarang. Keluarga juga bisa menjadi tempat untuk berkeluh kesah, curhat, dan lain-lain. Sebagai bagian dari keluarga harusnya saling menjaga kerukunan dan ketentraman satu dengan yang lain, dari keluarga ini lah akan membentuk keluarga-keluarga baru lainnya. Mulai dari keluarga inilah kita dapat membentuk suatu karakter, sebagaimana dijelaskan pada point diatas, keluarga mempunyai peran penting terhadap kehidupan sosial dan masyarakat.
·      Masyarakat
Masyarakat terbentuk dari perputaran kehidupan yang sedang dijalani, mulai dari individu yang berkembang menjadi keluarga dan kemudian masyarakat. Kumpulan dari dari point-point diatas tersebut dapat membentuk suatu tatanan kehidupan masyarakat, awal pembentukanya dari sifat pribadi sebagai makhluk sosial dan membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan.  Masyarakat adalah suatu istilah yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat kota, masyarakat desa, masyarakat ilmiah, dan lain-lain Dari sini lah sifat sosial akan membentuk keluarga yang akan memiliki sebuah karakter baru untuk menjadi masyarakat.

Dapat disimpulkan bahwa antara invidu, keluarga dan masyarakat saling berhubungan, mulai dari suatu individu, menjadi keluarga, kemudian bermasyarakat. Tidak akan ada keluarga, bila tidak ada indidu. Tidak akan ada pula suatu masyarakat bila tidak ada individunya. Individu, keluarga, dan masyarakat merupakan suatu aspek yang tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan. Karena mereka saling berhubungan, maka keluarga dan masyarakat tidak hanya memerlukan individu, tapi individu juga memerlukan keluarga dan masyarakat. Sebagai seorang individu, pasti saya dan anda semua memerlukan keluarga untuk mengekspresikan kesosialan. Pada masyarakat, individu sangat berperan penting untuk bersosialisasi dengan yang lain.
Keluarga adalah lingkungan pertama kali yang dijumpai, karena pada saat lahir saya dan anda semua berada pada sebuah keluarga, Kemudian dari keluarga tersebut, saya dan anda semua dibentuk menjadi sebuah pribadi yang baru. Lingkungan keluarga adalah lingkungan dimana banyak pengaruh besar pada keluarga. Akan terbentuk menjadi pribadi yang baik, bila lingkungan keluarganya mendukung untuk membentuk suatu individu dengan sifat-sifat sosial yang baik.
Namun, akan membentuk suatu pribadi yang buruk bila pengaruh keluarga tidak mendukung. Pribadi yang buruk ini berasal dari pengaruh luar, dimana dengan bermasyarakat atau dengan bersosialisasi yang salah, maka akan membentuk suatu individu yang buruk. Ini adalah pengaruh terbesar dalam pembentukan suatu kepribadiaan individu.
Intinya kehidupan saya dan anda semuanya dimulai dari suatu individu, kemudian saya dan anda semuanya bersosialisasi dengan keluarga, lalu saya dan anda semuanya menginjak sesuatu yang lebih luas lagi dengan bermasyarakat, melihat dunia luar dengan bersosialisasi, sehingga antara individu, keluarga dan masyarakat akan membentuk suatu kebiasaan pada wilayah yang saya dan anda semuanya tempati yang biasa disebut dengan lingkungan.





Referensi :
Harwantiyoko dan Katuuk, Neltje F. (1997). MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti @baddyisme