Ilmu Sosial Dasar Sebagai Komponen Mata Kuliah Dasar Umum
Banyaknya kritik
sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendikiawan saat kuliah, saya mendapatkan mata pelajaran baru yaitu
Ilmu Sosial Dasar. Dimana mata pelajaran ini membantu para mahasiswa dalam menghadapi
masalah-masalah pada saat penyelenggaraan tridarma, perguruan tinggi diharapkan
dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang
terdiri :
1. Kemampuan akademik,
2. Kemampuan profesi dan
3. Kemampuan pribadi.
Pendidikan
umum yang diselenggarakan oleh universtias dan intitut kemudian dikenal dengan
mata kuliah dasar umum atau MKDU yangterdiri dari beberapa mata kuliah , yaitu
:
1. Pancasila,
2. Agama
3. Kewiraan,
4. Pendidikan
Sejarah Perjuangan Bangsa,
5. Ilmu
Alamiah Dasar (IAD)
6. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7. Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Secara khusus mata kuliah dasar umum
bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang :
1. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan
bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk
agama lain.
2. Memiliki wawasan sejarah
perjuangan bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan, cinta Tanah
Air dan mempertinggi kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan
integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan
baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan.
4. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta
tindakannya mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana
Indonesia.
Bersdasarkan
sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu jari ilmu pengetahuan, ilmu
pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a. Natural Sciencies
(ilmu-ilmu alamiah) meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain
b. Social Science (ilmu-ilmu
sosial) terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah,
Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
c. Humanities (ilmu-ilmu
budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Ilmu Sosial
Dasar ini sendiri mempunyai tujuan untuk membina mahasiswa agar :
a. Memahami dan menyadari
adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
b. Peka tehadap
masalah-masalah sosial.
c. Menyadari bahwa setiap
masalah sosial yang timbul bersifat kompleks
Ilmu Sosial
Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan
dan perbedaan.
Adapun persamaan antara Ilmu
Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
a. Kedua-duanya merupakan
bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b. Keduanya bukan disiplin
ilmu yang berdiri sendiri
c. Keduanya mempunyai materi
yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.
ISD diberikan di Perguruan
Tinggi, sedangkan IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
b.
ISD merupakan satu mata kuliah
tunggal, sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
c.
ISD diarahkan kepada
pembentukan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan ketrampilan
intelektual
Ruang lingkup bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat
dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1.
Kenyataan- kenyataan sosial
yang ada dalam masyarakat
2.
Konsep-konsep sosial atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial. Sebagai contoh
misalnya konsep “keanekaragaman” dan konsep “kesatuan sosial”. Dapat kita
pahami bahwa di dalam masyarakat terdapat :
a.
Persamaan dan perbedaan pola
pemikiran atau tingkah laku baik individual atau kelompok
b.
Persamaan dan perbedaan
kepentingan
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan adanya
konflik, ketidaksekawanan antar individu dan golongan
3.
Masalah-masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat. Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami
adanya :
a.
Berbagai masalah kependudukan
b.
Masalah individu, keluarga dan
masarakat
c.
Masalah pemuda dan sosialisasi
d.
Masalah hubungan warga negara
dan negara
e.
Masalah pelapisan sosial dan
kesamaan derajat
f.
Masalah masyarakat perkotaaan
dan pedesaan
g.
Masalah
pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
h.
Pemanfaatan ilmu pengetahuan
dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat
Referensi
:
Harwantiyoko dan Katuuk, Neltje F. (1997). MKDU Ilmu Sosial
Dasar. Jakarta : Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar