Rabu, 03 Oktober 2012

Tugas Ilmu Sosial Dasar Sebagai Komponen Mata Kuliah Dasar Umum


Ilmu Sosial Dasar Sebagai Komponen Mata Kuliah Dasar Umum



Banyaknya kritik sistem pendidikan di perguruan tinggi oleh para cendikiawan saat kuliah, saya mendapatkan mata pelajaran baru yaitu Ilmu Sosial Dasar. Dimana mata pelajaran ini membantu para mahasiswa dalam menghadapi masalah-masalah pada saat penyelenggaraan tridarma, perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri :
1.    Kemampuan akademik,
2.    Kemampuan profesi dan
3.    Kemampuan pribadi.
Pendidikan umum yang diselenggarakan oleh universtias dan intitut kemudian dikenal dengan mata kuliah dasar umum atau MKDU yangterdiri dari beberapa mata kuliah , yaitu :
1. Pancasila,
2. Agama
3. Kewiraan,
4. Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa,
5. Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6. Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7. Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan warga negara sarjana yang :
1.    Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
2.    Memiliki wawasan sejarah perjuangan bangsa, sehingga dapat memperkuat semangat kebangsaan, cinta Tanah Air dan mempertinggi kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
3.    Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral  didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan.
4.    Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
Bersdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu jari ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
a.    Natural Sciencies (ilmu-ilmu alamiah) meliputi : Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain
b.    Social Science (ilmu-ilmu sosial) terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
c.    Humanities (ilmu-ilmu budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Ilmu Sosial Dasar ini sendiri mempunyai tujuan untuk membina mahasiswa agar :
a.    Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.    Peka tehadap masalah-masalah sosial.
c.    Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul bersifat kompleks
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.
Adapun persamaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial :
a.    Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan.
b.    Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c.    Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.    ISD diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan IPS diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan
b.    ISD merupakan satu mata kuliah tunggal, sedangkan IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
c.    ISD diarahkan kepada pembentukan kepribadian, sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan ketrampilan intelektual
Ruang lingkup bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu :
1.    Kenyataan- kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat
2.    Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial. Sebagai contoh misalnya konsep “keanekaragaman” dan konsep “kesatuan sosial”. Dapat kita pahami bahwa di dalam masyarakat terdapat :
a.    Persamaan dan perbedaan pola pemikiran atau tingkah laku baik individual atau kelompok
b.    Persamaan dan perbedaan kepentingan
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan adanya konflik, ketidaksekawanan antar individu dan golongan
3.    Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Ruang lingkup Ilmu Sosial  Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
a.    Berbagai masalah kependudukan
b.    Masalah individu, keluarga dan masarakat
c.    Masalah pemuda dan sosialisasi
d.   Masalah hubungan warga negara dan negara
e.    Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat
f.     Masalah masyarakat perkotaaan dan pedesaan
g.    Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi
h.    Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat




Referensi :
Harwantiyoko dan Katuuk, Neltje F. (1997). MKDU Ilmu Sosial Dasar. Jakarta : Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti @baddyisme