TELEMATIKA
Pengertian Telematika
Kata Telematika pertama kali digunakan di indonesia pada
nama salah satu Laboratorium Telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Menurut
para ahli telematika atau Telematics merupakan perpaduan dua kata yaitu
Telecommunication & Informatics dan merupakan perpaduan konsep computing
& communication. Nama lain dari Telematics adalah ICT (Information &
Communication Technology).Telematika merupakan terjemahan dari kata
"Telematique" yang pertama kali diciptakan oleh Simon Nora & Alain
Minc. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media
electromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar
informasi dalam sekejap dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai
cara, antara lain dengan perantara suara (telepon, musik) huruf, gambar, dan
data atau kombinasi-kombinasi nya.
Contoh Telematika
Banyak contoh Penerapan Telematika di Indonesia yang
banyak terjadi di segala aspek, berdasarkan perkembangan telematika, telematika
di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain:
1. Mengoptimalkan
proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan
pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan
masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses
komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari
satu daerah ke daerah lain.
2. Meningkatkan
Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang
memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara
dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
3. Pemersatu
bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan
sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa
terhalang jarak daerah masing-masing.
E-commerce adalah
Salah satu penerapan telematika. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa
Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Ringkasan
Pada dasarnya
Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan
sejumlah besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digita,
sehingga penggunaan nya sangat mudah dilakukan jika memiliki media yang
menunjang seperti Handphone, Smartphone,
Interenet, GPS. dan masih banyak lagi.
Semua kegiatan dengan
istilah work and play dapat
menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua
sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah :
1. E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan
maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini,
sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi
Telematika Indonesia (TKTI).
2. E-commerce
Prinsip e-commerce tetap
pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara
elektronik.
3. E-learning
Globalisasi telah
menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka
yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
4. Pendukung/perangkat
apa saja yang digunakan dalam telematika
Interface dalam telematika
meliputi banyak hal, salah satunya adalah video
conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang
melibatkan video dan audio secara real
time.
Media yang mendukung
dalam penggunaan telematika antara lain:
1. Handphone
2. Internet
3. Video conference
4. Radio
5. GPS
6. Komputer
Contoh dari hasil telematika yang paling populer adalah
Internet. Dengan Internet semua masyarakat di dunia dapat berkomunikasi dengan
teknologi informasi yaitu komputer / laptop dengan cangkupan yang sangat luas
Keuntungan telematika antara lain:
- Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan
- Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi
- Mencerdaskan masyarakat karena dapat dengan mudah menambah pengetahuan/informasi yang dimiliki.
- Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah.
- Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu.
- Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional
Kerugian dari telematika:
1. Meningkatnya
individualism masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusuri
dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa, dan tidak mengenal lingkungan
sekitar.
2. Terdapat
banyak ancaman yang dapat dilakukan oleh virus serta hacker maupun cracker.
3. Informasi
dan data yang mudah diperoleh tidak hanya sekedar informasi yang bersifat positif
bahkan banyak pula yang bersifat negatif yang dapat merusak moral serta
meningkatnya tingkat kejahatan.
Sumber :
Sumber :
- http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.13
- http://awandaprisma.student.unej.ac.id/?p=65
- http://dimasamiluhur.blogspot.co.id/2014/01/keuntungan-dan-kerugian-dari.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar