Jumat, 16 Oktober 2015

Tugas Pengantar Telematika, Minggu Ke - 1

TELEMATIKA

Pengertian Telematika
Kata Telematika pertama kali digunakan di indonesia pada nama salah satu Laboratorium Telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Menurut para ahli telematika atau Telematics merupakan perpaduan dua kata yaitu Telecommunication & Informatics dan merupakan perpaduan konsep computing & communication. Nama lain dari Telematics adalah ICT (Information & Communication Technology).Telematika merupakan terjemahan dari kata "Telematique" yang pertama kali diciptakan oleh Simon Nora & Alain Minc. Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh melalui media electromagnetik yang memiliki kemampuan mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, antara lain dengan perantara suara (telepon, musik) huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasi nya.

Contoh Telematika
Banyak contoh Penerapan Telematika di Indonesia yang banyak terjadi di segala aspek, berdasarkan perkembangan telematika, telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain: 
1.  Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.
2.  Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
3.  Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.

E-commerce adalah Salah satu penerapan telematika. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Ringkasan
Pada dasarnya Telematika adalah  sarana komunikasi jarak jauh yang dapat mentransmisikan sejumlah besar informasi satu arah maupun timbal balik dengan sistem digita, sehingga penggunaan nya sangat mudah dilakukan jika memiliki media yang menunjang seperti Handphone, Smartphone, Interenet, GPS. dan masih banyak lagi.
Semua kegiatan dengan istilah work and play dapat menggunakan telematika sebagai penunjang kinerja usaha semua usaha dalam semua sektor, sosial, ekonomi dan budaya. Bentuk-bentuk tersebut adalah :
1.  E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI).
2.  E-commerce
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik.
3.  E-learning
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
4.  Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika
Interface dalam telematika meliputi banyak hal, salah satunya adalah video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time.
Media yang mendukung dalam penggunaan telematika antara lain:
1.  Handphone
2.  Internet
3.  Video conference
4.  Radio
5.  GPS
6.  Komputer
Contoh dari hasil telematika yang paling populer adalah Internet. Dengan Internet semua masyarakat di dunia dapat berkomunikasi dengan teknologi informasi yaitu komputer / laptop dengan cangkupan yang sangat luas

Keuntungan telematika antara lain:
  1. Memudahkan kita dalam memperoleh data/informasi dimana saja, dan kapan saja sesuai kebutuhan
  2. Meningkatkan kinerja pelaku usaha karena kemudahan pengaksesan informasi dan penyelenggaraan transaksi sehingga dapat meningkatkan keuntungan secara ekonomi
  3. Mencerdaskan masyarakat karena dapat dengan mudah menambah pengetahuan/informasi yang dimiliki.
  4. Memotong alur proses yang panjang dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintah.
  5. Mempererat hubungan antar personal, antar wilayah dan antar Negara tanpa ada batasan ruang dan waktu. 
  6. Meningkatkan dan memacu roda perekonomian nasional

Kerugian dari telematika:
1. Meningkatnya individualism masyarakat, karena tidak ada batas ruang dan waktu menyelusuri dunia maya sehingga terkadang menjadi lupa, dan tidak mengenal lingkungan sekitar.
2. Terdapat banyak ancaman yang dapat dilakukan oleh virus serta hacker maupun cracker.


3.  Informasi dan data yang mudah diperoleh tidak hanya sekedar informasi yang bersifat positif bahkan banyak pula yang bersifat negatif yang dapat merusak moral serta meningkatnya tingkat kejahatan.



Sumber :
  • http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.13
  • http://awandaprisma.student.unej.ac.id/?p=65
  • http://dimasamiluhur.blogspot.co.id/2014/01/keuntungan-dan-kerugian-dari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti @baddyisme