Minggu, 29 Desember 2013

Tulisan Teori Organisasi Umum

Konflik dalam Organisasi



Dalam suatu organisasi sering kali kita menemukan adanya suatu konflik, dalam tulisan kali ini saya akan membahas beberapa kasus yang biasanya akan terjadi dalam suatu organisasi, contoh kasus yang akan saya angkat disini mengenai organisasi kuliner tradisional.
Layaknya organisasi pada umumnya, organisasi pelayanan social ini di dalamnya pasti terdapat :
-                 Struktural Kepengurusan, 
-                 Program Kerja,
-                 Manajemen Keuangan.
Ketiga hal diatas dapat dikatakan sebagai pemicu adanya sebuah masalah atau konflik didalam sebuah organisasi.

·                Structural Kepengurusan. 
Dalam sebuah organisasi hal ini sangat diperlukan agar kegiatan organisasi dapat terkontrol dengan baik, sebagai seorang pemimpin yang baik haruslah mengetahui karakteristik bawahannya dan tidak menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya. Karena hal tersebut dapat memicu adanya konflik, hal itu dapat berupa perbedaan pendapat, perbedaan jabatan antara yang satu dan yang lainnya.
Cara penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan menjalin hubungan yang baik antara individu yang satu dengan yang lainnya. Baik didalam ruang lingkup kerja maupun diluar ruang liangkup pekerjaan.
·                Program Kerja. 
Dalam organisasi, perlu diketahui program kerja yang akan berlangsung berjangka pendek atau panjang, agar kegiatan organisasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan program yang telah disusun, karena konflik yang biasa terjadi adalah kerangkapan pekerjaan.
Cara penyelesaian masalah ini adalah dengan melakukan komunikasi yang baik antara individu yang satu dengan yang lainnya, agar tidak terjadi kerangkapan pekerjaan.
·                Manajemen Keuangan. 
Hal ini sangatlah sensitive di dalam ruang lingkup organisasi, konflik yang sering terjadi biasanya adalah pemakaian dana organisasi untuk kepentingan pribadi, sehingga dana yang ada tidak terinci dengan baik.
Cara penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan mencari individu yang mempunyai kejujuran yang tinggi

Selain ketiga pemicu konflik yang telah saya jabarkan mungkin kita dapat menemukan berbagai konflik lainnya, oleh karena itu sebagai seorang individu yang baik kita harus dapat menentukan sikap agar segala apapun yang telah kita lakukan akan berhasil tanpa adanya permasalahan, karena segala apapun itu berasal dari dalam diri kita sendri. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti @baddyisme